Cara Membuat Tabel Di Blogger

Dari pengalaman saya, saya baru belajar blog. Tujuan saya membuat blog ini sangat banyak salah satunya membuat data dalam bentuk tabel. Namun saya mendapatkan kendala saya tak tahu cara menampilkan tabel di halaman posting blogger, akhirnya saya menemukan artikel tentang menampilkan tabel di blogger. dan saya langsung mencobanya Eee... ternyata tak sulit alias gampang dan cara ini sangat bagus bagi pemula. Menampilkan tabel tersebut dengan menggunakan Google Documents. Nah begini caranya :



  • Klik News Spreadsheet


-->
  • Maka akan tampil layar spreadsheet, kemudian isi data tabel dan silahkan edit yang cantik sperti Ms. Excel.

  • klik tombol Save untuk menyimpan Spreadsheet


  • klik Share dan pilih Publish As a WebPage


  • Kemudian pilih sheet yang akan ditampilkan dan klik kotak pada Automatically Republish After cahnge Are Made dan klik Star publish

  • Pilih HTML To Embed in A PAge, tentukan Sheet yang akan ditampilkan, dan Range baris dan kolom yang akan ditampilkan (A1:D6)

  • Kemudian Copy seluruh Code yanga ada dan paste di halaman atau tulisan yang akan menampilkan Tabel tersebut
  • Atur ukuran tinggi (Height) dan Lebar (Widht) tabel sesuai dengan lebar halaman blog anda, kelebihan kolom ataupun baris akan ditampilkan dalam bentuk scroll atau layar gulung
  • Nah begitu caranya mudahkan, silahkan mencoba....

Lihat contohnya dibawah ini





Catatan :
Bentuk tampilan tabel sama dengan tabel di Microsoft Excel dan penggunanya sama dengan Ms. Excel juga, bagi kamu yang pernah bekerja dengan Ms. Excel tak akan menemukan kesulitan, dan lebih menariknya tabel ini online dan dapat dilihat oleh siapa aja, dapat disisip di blog maupun di situs.

Kalau kamu sukses menampilkan tabel dihalaman posting, beri komentarnya...terimakasih




0 komentar