Selasa, 30 Oktober 2018

MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER DAN FUNGSINYA

Perangkat Keras (Hardware) Jaringan Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi data, file, dan sumber daya lainnya.

Seperti hal nya komputer, sebuah jaringan komputer bisa beroperasi dengan didukung oleh software dan hardware. Pada artikel ini, Penulis akan membahas tentang perangkat keras (Hardware) apa saja yang ada dalam jaringan komputer.

BERIKUT PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER DAN FUNGSINYA
1. Komputer
Komputer digunakan untuk workstation atau digunakan untuk client yang digunakan sebagai pengguna jaringan komputer itu sendiri.

2. Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang bertugas melayani komputer workstation atau client. Tugas lain server adalah menyediakan resource atau sumber yang akan digunakan untuk workstation. Komputer Server mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari Client.

3. Land Card atau NIC (Network Interface Card)
NIC adalah kartu yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

4. HUB
HUB merupakan sebuah perangkat yang berfungsi menyatukan atau sebagai titik pusat kabel-kabel jaringan dari setiap komputer, server, client dan perangkat-perangkat yang digunakan lainnya. Selain itu HUB juga berfungsi untuk menyalurkan sinyal data melalui kabel UTP serta memperkuat sinyal.

5. Connector
Konektor adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Coba bayangkan apabila tidak ada konektor, dengan cara bagaimana kabel-kabel jaringan dapat terhubung dengan network adapter atau NIC. Jenis
konektor tentunya disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.
·    - Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
·    - Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
·    - Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic

6. UPS (Uninterrupted Power Supply)
UPS digunakan untuk membackup dan menstabilkan arus listrik yang dibutuhkan oleh komputer. 

7. Printer
Printer berfungsi untuk mencetak setiap data yang akan kita cetak.

8. Switch
Switch digunakan untuk menerima danmenganalisa semua isi paket dan selanjutnya diteruskan. Switch dan Bridge dapat digunakan untuk membagi sebuah jaringan menjadi dua buah jaringan, Bridge akan mengatur jalannya informasi di antara kedua sisi jaringan sehingga dapat berjalan dengan baik dan teratur.

9. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

10. Router
Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya.

11. Gateway
Gateway merupakan device yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang memiliki arsitektur dan lingkungan yang berbeda.

12. Modem
 Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan. Hal ini dilakukan agar bisa dipahami oleh komputer.

13. Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer.
·    -  Twisted Pair (UTP dan STP)
·    -  Coaxial
     - Fiber Optic


Demikian artikel saya tentang Macam-macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya, semoga bermanfaat...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda telah membaca artikel ini silakan tinggalkan pesan..!!!